News
Loading...

KNPB DAN PRD TIMIKA BERSIARAH KE MAKAM JHON KELLY KWALIK DALAM PENGAWALAN KETAT APARAT KEPOLISIAN DAN TNI








KNPB DAN PRD TIMIKA BERSIARAH KE MAKAM JHON KELLY KWALIK DALAM PENGAWALAN KETAT APARAT KEPOLISIAN DAN TNI
TIMIKA 16 DESEMBER 2015. Komite Nasional Papua Barat KNPB wilayah Timika dan Parlemen Rakyat Daerah Mimika (PRDM) mersiarah ke makam Almarhum Jnd.Jhon Kelly Kwalik, dalam pengawalat aparat kepolisian Kolonial Indonesia dari Polres Mimika dan anggota TNI.
KNPB dan PRD wilayah mimika bersama rakyat papua bukan hanya bersiarah ke makam namun, dalam kekiatan siarah ini mengadakan ibadah dan doa siarah sekaligus juga mengadakan pemasangan lilin dan penghamburan bunga di makam Kelly kwalik.
Doa siarah ke makam Kelly kawalik dimulai pada pukul sejak pagi pukul 07.00-12.00 WPB, a Aktvis KNPB sejak awal memasang sapnduk persiapan doa siarah pada pukul 07.00 WPB.
Kemudian pada pukul 08. 00 WPB aparat kepolisian dari polres Mimika yang dipimpin oleh wakil kapolres AKBP.Y Takamuli, bersama sejumlah peresonil Anggota kepolisian datang ke lokasi Makam Kelly Kwalik lapangan Timika Indah Papua.
Aparat kepolisian sekitar 200 an dengan peralatan lengkap, ditumpangi 2 mobil dalmas 6 mobil avanza 1 mobil extrada 3 mobil polantas 1 mobil perintis milik Brimob bersama 1 peleton anggota TNI dan sejumlah Intelejen tiba di lokasi lalu melakukan negosiasi dengan ketua Umum KNPB wilayah Timika Stven Itlay, setelah melakukan negosiasi dengan Wakil kapolres untuk melanjutkan kegitan Siarah di makam.
Kemudian sekitar pukul 09.20 WPB, Ibadah Singkat sekaligus meminpin doa siarah Yang Dipimpin oleh pendeta agus Uruktem, sedangkan renugan singkat dipimpin oleh pdt. Deserius Adii S.Th, Pdt Adii dalam renugan singkatnya mengajak rakyat papua bersama KNPB berjuang secara damai dan mampu mengampuni orang lain berbuat jahat terhadap kita tegasnya. Labih lanjut Adii mengajak anggota KNPB dan PRD melanjutkan perjuagan yang Almarhum Kelly tinggalkan, mengampuni semua orang yang menindas dan membunuh orang papua di tanah ini berdasarkan injil (Matius pasal 6 : 14-16).
Setelah ibadah singkat dilanjutkan dengan pemasangan lilin dan penghamburan bunga di amakam. Pemasangan lilin dilakukan 4 perwakilan masing –masing PRD wilayah Mimika, Mewakili KNPB pusat, mewakili TPN, dan mewakili keluarga. Acara pemasangan lilin dilanjutkan pembacaan stekmen politik Parlemen Rakyat Daerah Mimika sebagai penanggungg jawab politik dan dibacakan oleh ketua KNPB wilayah Timika Steven Itlay. Dalam pembacaan stekmen politik ada 8 poin menjadi tuntutan adalah:
1. PRD Wilayah Mimika Mendesak Dewan HAM PBB segera lakukan sidang darurat untuk membahas situasi terakhir HAM di Papua dan segera mengirim tim Ahli yang indevenden ke Papua barat
2. Knpb DAN PRD wilayah mimika mengutuk keras tindakan militerisme, pembunuhan Masal di paniai, pembunuhan di Serui, tidakan kekerasanlainya penyiksaan, Intimidasi, terror, Panangkapan dan pembungkaman Hak politik dengan stikma KKB, GPK separatis terhadap rakyat Papua yang menutut hak politiknya
3. Presiden Joko Widodo segera bertanggung jawab atas pelanggaran HAM di Papua dan segera hentikan pemekaran kodam dan polda papua barat dan hentikan Pengiriman Militer di Papua Barat
4. Resim JOKOWI JK segera membuka seluas-luasnya bagi jurnalis Asing Indevenden dan pekerja HAM Internasional di west Papua
5. Pemerintah Kolonial Indonesia Segera menghapus Istikma separatis KKB, GPK dan pasal makar dan membuka ruang demokrasi Bagi rakyat Papua
6. Segera Tutup PT. Freeport milik kapitalis Amerika adalah aktor kejahatan dan pemusnahan ras Melanesia di Papua Barat
7. Segera Hentikan penagkapan sewenag-wenang terhadap Aktivis Papua merdeka, Pembunuhan, pemenjaraan Perampasan dan pemerkosaan terhadap Rakyat Papua
Ketua umum KNPB Wilayah mimika membacakan stekmen politik yang ditandatangani oleh ketua PRD Mimika Abihut Degei, pada pukul 12.30 WPB Pdt Daniel Bagau, meminpin doa penutup kegiatan Siarah di makam Kelly Kwalik. Setelah selesasi kegiatan siarah rakyat Papua yang mengikuti siarah bersama KNPB wilayah mimika menuju ke Kantor PRD dan sekertariat KNPB wilayah mimika di kebun siri dalam pengawalan ketat aparat kepolisian dan TNI.
Pada pukul 14.00 WPB masa berkumpul di kantor Parlemen dan sekertariat KNPB untuk mendegarkan arahan umum yang disampaikan Oleh Ketua KNPB wilayah Mimika Steven Itlay dan sekertaris Umum KNPB pusat ones Suhuniap .setelah mendegarkan arahan umum rakyat membubarkan diri secara tertib.

Sumber : 
https://www.facebook.com/nesta.gimbal/posts/988457047902270
Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar