News
Loading...

PEMERINTAH KABUPATEN MAYBRAT SEGERA BATASI TRANSMIKRASI



Isu yang sementara sedang  berkembang bawah transmigarasi  akan rencana mau di datangkan di Maibrat itu tidak wajar dan tidak tepat kami menilai, karena kabupaten di bentuk dan di dirikan bukan untuk mendantangkan orang yang  tidak bertanggung jawab kami berfikir bahwa  bagaimana kesejahteran rakyat kabupaten tersebut  yang terdiri dari 3 suku yaitu Ayamaru, Aitinyo ,dan Aifat ini sangat membutuhkan kesejahteran bukan untuk mendangkan orang lain untuk menghancur masyarakat sipil setempat kata dia yang saat sedang kuliah di Universitas Cenderwasih Fakultas  Fisip ini. 
 
Menurut kami bahwa transmigarasi itu  sangat merugikan masyarakat Papua pada umumnya dan lebih khusus ( maybrat ), hal ini membuat pertanyaan besar  bagi kami apakah transmigarsi ini yang masyarakat minta  atau mereka merindukan untuk berkarya di atas Tanahnya sendiri?
 
Hal ini sangat keliru dari pemerintah maybrat , dan jangan mengikuti pemerintah pusat mempunyai perilaku yang tidak tersingkrong kepada masyarakat papua ( maybrat), dalam hal ini pejabat maybrat sebagai wakil rakyat jangan melakukan hal yang mengorbankan rakyat sipil, kami meminta agar pemerintah maybrat menerapkan perda yang mengatur tentang hak-hak pribumi dalam hal tidak melakukan penjualan tanah tetapi bisa melakukan system kontrakan, agar hal ini bisa menguntungkan masyarakat papua (Maybrat) dapat keuntungan yang memuaskan untuk menjamin kehidupan yang akan datang.
 
menurut kami bahwa hukum yang  lebih berkuasa adalah hukum Tuhan dan hukum Adat , karena hukum adat suadah ada pegakuan baik di konstitusi Nasional Maupun sudah termuat dalam Kovenan Internasional pun juga menjamin  bagi kami.
 
kedua hukum ini sangat nyata di mata manusia, maka dengan begitu pemerintah melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar mengetahui bersama jangan mengambil sepihak dan kami berfikir bahwa yang  mempunyai masyarakat itu kepala distrik dan kepala kampung setempat.

Lanjut dia bawah, dengan tegas kami rakyat Maibrat meminta kepada pemerintah Jakarta jangan mengirim Masyarakat Miskin kepada sementara kami rakyat Papua lebih khusus kami tiga suku saja masih belum ada rasa sejahtera.
 
Dan saya sebagai anak asli Maybrat pesan kepada Rakyat setempat bawah jangan menerima atau menyetuwi atas kehadiran Transmikrasi tesebut itu karena ini tidak ada mamfaat bagi rakyat setempat Tuturnya

Penulis Adalah: Adam Sorry Mahasiswa Universitas Cenderawasih Fakultas  Fisip Jayapura-Papua

http://majalahmaapapua.blogspot.co.id/2015/11/pemerintah-kabupaten-maybrat-segera.html?spref=fb
Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment