News
Loading...

Dekan FT : Semua Mahasiswa Uncen Berkualitas



Mahasiswa sedang aksi damai pertanyakan pungutan liar – JubiAbet
 
Jayapura, Jubi – Dekan Fakultas Teknik (FT), Apolo Safanpo mengatakan semua mahasiswa dan lulusan Universitas Cenderawasih itu berkompetensi.
Hal itu disampaikannya dihadapan ratusan mahasiswa yang sedang menggelar aksi damai di depan Gapura Uncen Waena, Senin (16/11/2015) yang mempertanyakan pungutan liar yang terjadi kampus tersebut ketika hendak menempuh Kuliah Kerja Lapangan (KKL) dan sejenisnya.
 
Mereka tidak pernah kuliah, bagaimana mereka mau timba pengetahuan kalau kampusnya palang terus. Dengar begitu, saya dengan pak PR (Pembantu Rektor) II berdiri dan membela siapa yang bilang saya punya anak-anak (Mahasiswa, red) itu tidak bermutu. Saya punya anak-anak mampu bertarung dengan mahasiswa dari universitas lain,” tegas ApoloSafanpo disambut tepuk tangan yang meriah. 
 
Jadi, dikatakan Apolo, sangat tidak bila ada yang mengatakan Uncen tidak ada apa-apanya. Uncen adalah perguruan tinggi pertama dan terbesar di Papua. Ia meminta mahasiswa jangan pernah mendengar dan berbicara bahwa Uncen tak berkompetensi.
Terkait dengan pungutan liar di kampus, lebih khususnya di fakultas yang ia pimpin, ia mengaku pernah didatangai orangt tua mahasiswa. Namun, telah menyelesaikan dengan baik. 
 
“Saya bilang bapa dan ibu tunggu, saya panggil dosen yang bersangkutan. Saya tanya, apakah benar ada pungutan terhadap mahasiswa? Ternyata, Dan dosen itu mengatakan di depan kami, itu karena permintaan dari mahasiswa sendiri karena mereka mau wisuda bulan depan, tapi ada beberapa nilai yang belum selesai. Untuk percepat, dosen itu minta satu mata kuliah Rp 50ribu jadi tiga mata kuliah Rp150 ribu,” katanya menirukan.
Ia menambahkan, hal tersebut dirinya telah melaporkan kepada pimpinan di lembaga tersebut dan tidak ada masalah, sebab yang salah adalah mahasiswa bersangkutan.
Penanggungjawab aksi Koalisi mahasiswa Uncen bersatu, Musa Mudestus Boma mengatakan, pihaknya melakukan aksi tersebut karena perjanjian dari pimpinan, pernah meyatakan mahasiswa angkatan 2012 tidak dipungut biaya lagi.
Mantan PR III, bapak Paulus Homer dan mantan rektor Uncen, Alm. Karel Sesa menyatakan pada 15 Oktober, bahwa mahasiswa angkatan 2012 tidak dipungut biaya pada saat KKL, Magang, Seminar, Proposal, Skiripsi dan Yudisium,” ujarnya. Namun, kenyataannya sekarang ada pungutan liar yang terjadi.
Pihaknya juga meminta Dekan Fisip Uncen agar segera pertanggungjawabkan perjanjiannya sesegera mungkin. “Kami juga minta kepada pimpinan lembaga Uncen segera hentikan SPP tunggal cukup sampai 2015,” pungkas Boma. (Abeth You)
Editor : Angela Flassy













http://tabloidjubi.com/home/2015/11/17/dekan-ft-semua-mahasiswa-uncen-berkualitas/
Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment