News
Loading...

Filep Karma Serukan Berjuang Papua Merdeka Di Dalam Kota

JFilep S Karma saat bebas dari LP Abepura disambut Jusack Pakage dan kawan-kawan-Jubi/Yuliana Lantipo-
Filep J. S. Karma saat bebas dari LP Abepura disambut Yusack Pakage dan kawan-kawan-Jubi/Yuliana Lantipo-

Jayapura, Jubi – Tahanan politik Papua terkenal, Filep Karma, menyerukan kepada orang Papua untuk berani penuhi penjara-penjara dan berjuang Papua merdeka di dalam kota dengan cara-cara damai. Seruan itu merupakan pidato politik pertamanya sebagai orang biasa, setelah dibebaskan pada 19 November 2015 pada HUT Komite Nasional Papua Barat (KNPB) ke-7 di halaman anjungan Expo, Waena, Papua.

Pembebasan Karma bertepatan dengan lahirnya organisasi KNPB pada Kamis, 19 November. Dibawah terik matahari sekitar pukul 12.00 waktu Papua, ratusan orang duduk beralas lantai semen kasar dengan mengarahkan pusat perhatian ke panggung kayu pendek, tempat Karma berdiri.

“Hari ini saya mau cerita pengalaman saya masuk penjara. Ini ilmu untuk masuk penjara,” kata Karma  menggunakan toa dihadapan ratusan anggota dan simpatisan KNPB, serta disaksikan aparat polisi yang berjaga-jaga di luar halaman anjungan Expo. Beberapa truk dan barakuda polisi disiagakan dipinggir jalan raya Sentani-Abe, tepat didepan tak jauih dari tempat Karma berorasi.

Dengan seragam pegawai negeri sipil-nya, Karma kembali menarik antusias para pejuang Papua merdeka melalui pidatonya, seperti yang dilakukannya pada 2004 silam di lapangan Trikora, Abepura. Kalau dulu Karma ditahan karena memberikan pidato tentang sejarah Papua dimasukan dalam negara kesatuan Indonesia dengan ‘pemaksaan’ dan mengibarkan Bintang Kejora, maka kali ini, ia mendorong semangat pejuang muda Papua untuk tidak takut ditahan dan dipenjara karena berjuang Papua merdeka dengan cara damai.

http://tabloidjubi.com/home/2015/11/20/filep-karma-serukan-berjuang-papua-merdeka-di-dalam-kota/
Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment