News
Loading...

Ketua MSG: Tidak Ada Masalah Bagi West Papua di MSG

Frank dan Moana
Vanuatu,  – Perdana Menteri Vanuatu Moana Carcasses pada hari Senin kemarin (6/5) memberitahukan bahwa Perdana Menteri Fiji dan Ketua Melanesian Spearhead Groups (MSG) Frank Bainimarama bermaksud agar West Papua didaftarkan menjadi anggota penuh dalam MSG pada bulan Juni mendatang.

“Saya menyampaikan keinginan saya agar West Papua didaftarkan menjadi anggota tetap dalam MSG dan menurutnya hal itu tidak menjadi soal dan dirinya tidak akan menentang, tetapi ia berharap juga agar tidak mengabaikan Indonesia sebagai parner pembangunan dan perdagangan di Pasifik, ” kata Moana meniru pernyataan Bainimarama dalam pemberitaan Daily Post Vanuatu hari ini (8/5).

Vanuatu, baik oposisi maupun pemerintah mendukung agar West Papua didaftarkan menjadi anggota MSG. Sementara itu Wakil Perdana Menteri Vanuatu Edward Natapei bersumpah akan memutuskan kerja sama pertahanan dan perdagangan yang disepakati Port Villa dan Jakarta yang ditanda tangani mantan Perdana Menteri Sato Kilman dan Menteri Luar Negerinya Alfred Carlot. Kebijakan tersebut menjadi prioritas dalam seratus hari kerja pemerintahannya.

Selain itu, Federation of Liberation of National Kanak Socialist (FLNKS) juga mendukung keinginan Vanuatu terhadap masalah West Papua untuk didaftarkan ke MSG. Menurut Daily Post, mereka memperingatkan tentang komitmen Vanuatu di pertemuan bulan Juni mendatang apakah Moana benar-benar akan mendukung Kemerdekaan bagi West Papua atau hanya sekedar janji di bibir saja.

Kepemimpinan PNG yang baru dan Kepulauan Salomon juga menjamin West Papua memberikan dukungan. Sementara Konferensi Gereja-Gereja Pasifik juga memberikan dukungan mendalam. Begitu juga lembaga-lembaga yang lain.

Scan Berita Daily Post hari ini (8/5)

visit www.loogix.com
Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment