News
Loading...

KANTOR OPM KEMAJUAN PERJUANGAN PAPUA MERDEKA

Ketua PNWP, Buhctar Tabuni. (Jubi/Arjuna)
Jayapura, 6/5  – Pembukaan kantor OPM di Oxford, Inggris disambut baik Ketua Parlemen Nasional West Papua (PNWP), Buhctar Tabuni. Ia mengatakan, hal ini menjadi bukti perjuangan Papua Merdeka selama ini mengalami kemajuan. Baginya kantor tersebut sama saja dengan kedutaan.

“Kalau sudah ada kantor eksistemsi perjuangan ada. Ini suatu kemajuan. Itu sama saja kedutaan dan berarti mengakui ada perjuangan bangsa Papua. Selama ini baru di Vanuatu dan di Inggris. Namun dalam waktu dekat akan ada juga kantor OPM yang didirikan di wilayah Pasific. Nantinya kantor OPM ada dimana-mana termasuk di Karibia,” kata Buhctar Tabuni, Senin (6/5).

Namun mantan Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) itu masing enggan menyebutkan dimana lokasi persisnya kantor OPM yang akan dibuka di wilayah Pasific. “Belum waktunya saya kasi tahu tepatnya dimana. Yang jelas kita bersyukur dua tahun berjuang sudah ada di Vanuatu dan Inggris. IPWP solidaritas masyarakat internasional yang mewakili dan ada disetiap parlemen di negara luar. IPWP menyebar dimana-mana. Masyarakat internasional wakilnya ada di parlemen. Mereka yang buat lembaga itu dan ini forum standart internasional. Itu hak paten dan tidak ada yang bisa ganggu gugat,” ujarnya.

Buhctar Tabuni juga mengapresiasi perjuangan Benny Wenda selama ini. Dikatakan apa yang dilakukan aktivis Papua Merdeka itu di luar negeri sangat luar biasa. Benny Wenda tidak hanya berjuang di Eropa, namun  hingga ke negara yang ada di Pasific dan Karibian.

“Tanggal 4 lalu dia ada di Sydney Australia karena diundang resmi dalam acara konferensi di sana. Beliau menyampaikan pidato politik resmi. Kebetulan kemarin ada sidang tahunan Parlemen West Papua, keputusan itu kami langsung serahkan ke tuan Benny Wenda dan beliau langsung umumkan di sana. Memang kami disini dibatasi, tapi diluar kami tetap jalan. Jadi luar biasa gebrakan tuan Benny Wenda akhirnya-akhir ini. Saya harap diplomat yang lain juga lakukan hal yang sama,” kata Buhctar Tabuni. (Jubi/Arjuna) 

 Sumber : tabloidjubi.com
visit www.loogix.com
Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment