News
Loading...

PAPUA MENJADI INTEGRAL INDONESIA DENGAN CARA ILEGAL

JUMPA PERS DPM BEM FISIP Uncen (JUBI/Aprila)
Jayapura, 29/4 Mecky Alua dari Dewan Perwakilan Mahasiswa dan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Cenderawasih (DPM BEM FISIP Uncen) mengatakan Papua menjadi integral Indonesia dengan cara-cara yang illegal.

“Kita mau memberitahukan kepada publik, 1 Mei adalah hari bersejarah bagi Bangsa Papua Barat. Pernyataan Kapolda Papua dan Gubernur Papua bahwa tidak ada kegiatan pada 1 Mei bagi Bangsa Papua Barat, kami ingin katakan kepada Kapolda dan Gubernur untuk membuka ruang demokrasi bagi Rakyat Papua karena Rakyat Papua adalah bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” tutur Mecky Alua kepada tabloidjubi.com di Waena, Senin(29/4).

Menurut Alua, apapun yang dipikirkan rakyat, seharusnya mereka bebas mengemukakan pendapat. Ada UUD 1945, dalam Pasal 29 mengatakan, setiap orang berhak mengemukakan pendapat dan memperoleh kemerdekaan. Gubernur adalah pemimpin yang pro rakyat sehingga ia harus membuka ruang demokrasi bagi rakyatnya sendiri.

“Kami akan turun jalan dengan komponen Rakyat Papua Barat untuk memperingati hari aneksasi ini. Kami memperingati sebagai hari integrasi secara illegal yang dilakukan oleh NKRI terhadap Rakyat Bangsa Papua Barat. Kami akan turun jalan dan berjalan menuju ke Makam Theys Hiyo Eluays di Sentani, Kabupaten Jayapura,” ungkap Alua lagi.

Menurut Alua, selama aneksasi ini, banyak hal yang dilakukan pemerintah Indonesia telah melukai hati Orang Papua Barat sehingga pihaknya juga memperingati 1 Mei sebagai Hari Berkabung Bangsa Papua.

“Target kami adalah agar publik nasional maupun internasional tahu, Papua menjadi integral Indonesia dengan cara-cara illegal karena Pepera dilakukan secara tidak adil dan tidak memenuhi aturan internasional, one man, one vote,” katanya. (Jubi/Aprila Wayar)

Sumber :  tabloidjubi.com
visit www.loogix.com
Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment