News
Loading...

ANAK MUDA HARUS BERPIKIR SECARA KRITIS DAN TERBUKA BEBAS


Illustrasi  Anak Papua yang Semangat untuk
berjuang manjadi pemimpin di daerahnya sendiri
Sejauh pada zaman ini telah bangak menerangkan prinsip-prinsip yang merupakan jalan kesuksesan hidup masa depan.menurut pendapat saya ,bagian yang akan saya terangkan disini adalah bagian terpenting dari keseluruhan. Karena tanpa terbuka bebas ,seseorang tidak akan mampu dirinya yang merupakan sumber penge tahuan dan sumber kreativitas ,dan jalan kesuksesan masa depan.selanjutnya tanpa seorang muda tanpa ter buka bebas tidak akan mampu mencernakan dan menerapkan sepenuhnya Falsafah dan pengertian spritual tentang cara kerja alam yang di sampaikan dalam opini ini yang akan kita membuat mampu untuk memperoleh, mensyukuri ,dan menikmati kesuksesan hidup masa depan.

Berpikir terbuka bebas adalah berpikir dengan pikiran yang terbuka bebas dari 4 penghalang ,yaitu nafsu,egoisme dan segala bentuk emosi ,baik emosi positif maupun negatif ,serta pertimbangan seseorang pikirannya di liputi oleh napsu duniawi ,egoisme ,emosi serta pertimbangan dapat di samakan dengan orang yang melihat segala sesuatu dengan lensa distorsi.untuk berhasil dalam bidang apa pun,termasuk pikiran terbuka bebas .kalau kita melihat anak muda pada zaman ini bangak anak muda yang tidak terbuka bebas ,padahal kalau kita terbuka bebas bisa berhasil segala bidang baik itu pemerintahan maupun di kalangan masyarakat.dan anak muda harus menyerahkan hidup diri kepada Tuhan tidak belarti tidak mau bekerja ,melainkan percaya bahwa Tuhan itu mahaesa sedang berehasil tidaknya apa yang kita lakukan adalah kehendak Tuhan.

Untuk mencapai Pikiran Terbuka Bebas ,kita harus memmperla kukan keingginan itu sebagai strarter dari otak kita. bagaikan starter dari suatu mesin ,bila mesin hidup dan bekerja sedangkan kita masih hidup saja menghidupkan starter mesinnya , maka yang sedang bekerja itu akan distorsi ,lemah , bahkan lama-kelamaan akan lumpuh.terdapat bangak cara untuk berpikir terbuka bebas, empat cara di antarannya adalah melalui latihan hariaan ,yaitu keheningan ,meditasi,tidak mengadakan pertimbangan (non judgement ),dan meluangkan waktu dan alam:

Cara pertama untuk berpikir terbuka bebas adalah dengan melatih “keheningan “. melatih kehiningan berarti membuat satu janji mmenyisihkan waktu untuk berdiam.mengalami keheningan berarti secara berkala menarik diri keaktifan berbicara.

Cara kedua untuk berpikir terbuka bebas adalah “melatih meditasi” melatih meditasi berarti membuat satu janji menyisihkan waktu untuk meditasi .secara ideal,anda harus meditasi paling sedikit setengah jam pada hari pagi dan setengah jam pada malam hari.Melalui meditasi Anda menjernihkan pikiran secara bertahap dari segala bentuk emosi, egoisme , dan pertimbangan yang meyelimuti piikiran anda .Bila anda tidak mengalami keheningan dalam dalam kesadaran Anda ,pikiran Anda bagaikan ombak laut yang kacau.

Cara ketiga untuk berpikir terbuka bebas adalah “melatih untuk tidak mengadakan pertimbangan “ pertimbangan adalah evaluasi berkelanjutan dari hal-hal ,seperti benar atau salah ,baik atau buruk. Bila anda secara konstan mengevaluasi ,mengklasifikasi,menamakan dan mengalisis ,berarti Anda menciptakan bangak kekacauan pada dialog dengan alam pribadi Anda.

Cara keempat untuk berpikir secara terbuka adalah dengan “ meluangkan waktu dalam alam” Dengan meluangkan waktu dengan alam membuat Anda mampu untuk merasakan interaksi harmonis dari semua elemen –elemen dan kekuatan –kekuatan kehidupan dan memberi Anda rasa kesatuan dengan semua kehidupan. Seorang yang berpikir terbuka bebas , hampir mencapai taraf pikiran terbuka bebas ,akan terlihat bersikap lembut dan pada mudah dirinya, sinar matanya penuh dengan pancaran cinta kasih berhati tulus, dan bebas unntuk mengadaptasikan diri dengan lingkungan baru.

Kesimpulannya pada anak mudah zaman modern ini, jangan berpengaruh budak dari kebiasaan tingka laku kedaerahan. Dan saya mengajak bahwa anak muda harus berpikir secara terbuka dan harus berpikir terbuka secara bebas,dan anak muda berpikir terbuka bebas pada setiap aspek kehidupan kita sehari-hari. .

Penulis adalah thinus pigome mahasiswa unitry
Jurusan teknologi industri pertanian ( TIP )


Sumber :  http://komunitasapikopamauwa.blogspot.com/2013/04/anak-muda-harus-berpikir-secara-kritis.html
Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment