News
Loading...

Legislator Papua Sambut Baik Pernyataan Jokowi Soal Akses Jurnalis Asing ke Papua

Anggota Komisi I DPR Papua, Laurenzus Kadepa - Jubi/Arjuna
Yogyakarta, Jubi – Laurenzus Kadepa, anggota Komisi I dan Koodinator Politik, Hukum dan HAM, Pemerintahan, Hubungan Luar Negeri DPR Papua menyambut baik komitmen pemerintah Indonesia membuka akses jurnalis asing ke Papua yang disampaikan oleh presiden Joko Widodo dalam sidang kenegaraan bersama DPR dan DPD Ri di Jakarta, Kamis (14/8/2015). 

“Saya berikan apresiasi dengan pernyataan presiden Jokowi untuk membuka akses jurnalis asing di Tanah Papua. Tetapi yang ada, tetap saja akses jurnalis asing ke papua dipersulit. Dan ini pernyataan presiden Jokowi yang ke dua setelah sebelumnya disampaikan dalam kunjungannya ke Papua pada bulan Mei lalu,” katanya, kepada Jubi dari Jayapura, Jumat (14/8/2015).
Menurut Kadepa, terkait dengan banyaknya jurnalis asing yang masih susah meliput di Papua dikarenakan dipersulit oleh bawahannya, muali dari menteri, Kapolri, Panglima TNI, dan Kapolda Papua.

“Bawahan harus siap mengawal dan menjalankan apa pun keputusan Jokowi, itu (Pembukaan akses jurnalis asing ke Papua) keputusan Presiden. Copot saja pejabat yang tidak mau hargai keputusan presiden karena dialah penghalang visi misi presiden Jokowi,” kata Kadepa.

Sebelumnya, pada sidang kenegaraan presiden bersama DPD dan DPR, Presiden Jokowi mengatakan pemerintah memberikan akses bagi wartawan asing untuk masuk dan meliput di Papua.

Untuk diketahui, soal pemerintahan Jokowi membuka akses bagi jurnalis asing meliput di Papua pernah disampaikan Jokowi pada bulan Mei lalu di Jayapura dalam kunjungannya ke Papua. Namun keputusan presiden Jokowi ini tidak berjalan dengan baik karena mulai dari kementrian, Kapolri, Panglima TNI, dan Kapolda Papua mempersulitnya.

Dan keputusan untuk membuka akses jurnalis asing tersebut diulangi lagi untuk yang ke dua kalinya dalam sidang kenegaraan presiden dengan DPD dan DPR di Jakarta pada 14 Agustus 2015. (Arnold Belau)

 http://tabloidjubi.com/2015/08/14/legislator-papua-sambut-baik-pernyataan-jokowi-soal-akses-jurnalis-asing-ke-papua/
Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment