News
Loading...

Pemimpin Papua Barat Bertemu Kelompok Solidaritas di Brisbane, Australia

Kelompok solidaritas untuk Papua Barat di Brisbane, Australia saat menyatakan dukungan mereka atas kemerdekaan Papua Barat. Foto: Ist.

Australia, MAJALAH SELANGKAH -- Pemimpin Gerakan Papua Barat yang baru dibentuk, United Liberation Movement for West Papua (ULMWP), Benny Wenda, Octovianus Mote dan Rex Rumakiek  melakukan pertemuan bersama lebih dari 40 delegasi yang mewakili 13 kelompok solidaritas untuk Papua Barat dari seluruh Australia dan Aotearoa, Selandia Baru, selama selama akhir pekan ini di Brisbane, Australia.

Keterangan yang diterima majalahselangkah.com, Selasa (31/3/15), pertemuan ini digelar di Woollangabba, Brisbane sebagai kampanye untuk keanggotaan penuh bagi Papua Barat di  Melanesian Spearhead Group (MSG) pada Juli mendatang di Honiara, di mana permohonan keanggotaan Papua Barat akan dipertimbangkan.

Juru bicara ULMWP, Benny Wenda dalam keterangan itu mengatakan, pertemuan tersebut penting karena orang-orang yang ditemuinya dari awal kampanye hingga saat ini menyumbangkan ide-ide mereka.

"Kita tidak bisa melakukan hal ini oleh kita sendiri, kita perlu semua orang untuk datang bersama-sama untuk membawa Papua Barat kembali ke keluarga negara Melanesia di Pasifik," kata Benny.

Mary Joku-Ponifasio, anggota solidaritas Papua Barat berbasis di Selandia Baru Oceania Interrupted, mengatakan, "Saya mendorong perempuan Pulau Pasifik untuk berbicara bagi perempuan yang menderita di Papua Barat dan menjadi suara mereka. Kami wanita Melanesia adalah satu keluarga. Australia dan Selandia Baru dapat memainkan peran penting dalam mendukung negara-negara Melanesia berdiri dengan kekuatan regional dan bergerak untuk mengakhiri pendudukan ilegal di Papua Barat."

Peter Arndt, co-organizer dan perwakilan Kelompok Solidaritas Papua Barat Brisbane mengatakan, "Ada dukungan yang berkembang untuk Papua Barat di wilayah kami, dan sangat penting bagi semua kelompok solidaritas untuk bekerja sama untuk mendukung upaya ULMWP untuk mencapai langkah ini penting menuju kebebasan bagi Papua Barat."

Kata Peter, "Saat ini sudah ada kesempatan untuk mengubah dukungan ini menjadi kuat, tindakan yang efektif, dengan mendapatkan pemimpin MSG untuk memberikan Papua Barat suara."

Diketahui, ULMWP dibentuk di Vanuatu (baca: Ini Naskah Deklarasi Persatuan West Papua di Vanuatu) sebagai badan koordinasi yang mewakili semua organisasi perjuangan Papua Barat untuk menentukan nasib sendiri bagi Papua Barat. (Yermias Degei/MS)


Sumber : www.majalahselangkah.com
Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment