News
Loading...

Tiga Pemuda Diduga Diculik dan Dianiya Polisi, Keluarga Datangi Polda Papua

Tiga Pemuda (tak pakai baju) yang Diduga Korban Penculikan Oknum Polisi Ketika Berada Melaporkan Kejadian Itu ke Polda Papua, Senin (31/8/2015) – Jubi/Arjuna
Jayapura, Jubi – Sedikitnya 20 orang keluarga tiga pemuda yang diduga korban penculikan oknum anggota Polisi di wilayah Kota Jayapura, Kamis (29/8/2015) sekira pukul 23:00 WIT, mendatangi Markas Polda Papua untuk meminta penjelasan terkait hal itu, Senin (31/8/2015). 

Perwakilan keluarga korban yang juga anggota Dewan Adat Biak Numfor, Sorong, Raja Ampat, Isak Ap mengatakan, ketiga korban yakni Elieser Awom (25), Soleman Yom (24) dan Yafet Awom (19).

“Waktu itu, tiga anak ini kembali beli rokok, ada empat orang yang diduga oknum anggota polisi menggunakan mobil Avanza tapi tak tahu nomor polisinya, mencegat mereka. Ketiganya disuruh naik kemudian dibawa dari Base G, Kota Jayapura ke Argapura, Entrop, hingga Kampung Buton, kemudian ke Youtefa, Abepantai, Koya, dan dibawa kembali ke Entrop Kota Jayapura ,” kata Isak Ap di Mapolda Papua, Senin (31/8/2015).

Menurutnya, setibnya kembali di Entrop, empat orang itu membeli minuman beralkohol untuk diminum. Setelah itu, ketiga pemuda tersebut dibawa ke wilayah Sosiri, Kabupaten Jayapura.

“Ketika tiba di Sosiri, ketiganya disuruh turun dari mobil dan diperintahkan lari, kemudian ditembak. Namun tidak kena. Anak – anak ini buang diri ke dalam jurang di bawa jurang ada dusun sagu. Dua orang lari dan yang satu, Yafet Awom, dibawa kembali. Paginya, Jumat (29/8/2015) diserahkan ke Polresta Jayapura Kota untuk ditahan. Siangnya dibawa keliling, dipukul dan diancam. Itu yang berlaku pada ketiganya,” ucapnya.

Menurutnya, sepanjang perjalanan ketiganya diancam, dan dianiaya. Ketiganya dipaksa mengaku sebagai pelaku pencurian kendaraan roda dua.
“Bahkan ada ditikam sangkur yakni Solemen dan Elieser. Mereka dipaksa mengaku. Itu orang tak dikenal, tapi ada informasi kalau itu anggota polisi. Kami keluarga menuntut, kalau memang itu oknum polisi agar diproses hukum dan dipecat agar tak mencemarkan nama baik lembaga kepolisian,” katanya.
Sementara Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Papua, Brigadir Jenderal (Pol), Rudolf Albert Rodja mengatakan, akan memproses dan menyelidiki apakah benar hal itu dilakukan oknum anggota polisi.

“Kami sudah dapat laporan dari keluarga. Propam Polda Papua akan cek, apakah benar. Oknum siapa yang lakukan ini. Saya jelaskan kepada keluarga, apa yang terjadi tak akan didiamkan, jika ada anggota yang salah,” kata Wakapolda Rudolf. (Arjuna Pademme)

http://tabloidjubi.com/2015/08/31/tiga-pemuda-diduga-diculik-dan-dianiya-polisi-keluarga-datangi-polda-papua/
Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment