News
Loading...

SENI DAN BUDAYA PAPUA TERKENDALA DANA

Lukisan Kulit Kayu, Salah Hasil Karya Seni Papua. (IST)
Jayapura, 9/3 – Dewan Kesenian Papua (DKP) mengklaim, selama ini kesenian dan budaya Papua mati suri karena banyaknya kendala yang dihadapai.

Ketua DKP Papua, John Ibo mengatakan, salah satu kendala utama karena minimnya dana yang digelontorkan untuk perkembangan seni dan budaya Papua. Dana bantuan dari Pemerintah Provinsi Papua pertahunnya masih minim.

“Setiap tahunnya, DKP hanya mendapat bantuan dana dari pemprov setempat sekitar Rp. 500 juta. Ini masih sangat minim bagi pengembangan seni dan budaya di Papua,” kata John Ibo, Jumat kemarin (8/3).

Menurutnya, DKP akan membuat kepemimpinan pemuka seni serta menata kembali penggabungan antar tari pergaulan tanah Papua dengan tari cenderawasih dan tari balada.
“Itu semua ada dalam program yang rencananya akan kami selesaikan dalam tahun ini. Termasuk juga pelaksanaan Musyawarah Daerah Dewan Kesenian dalam rangka konsolidasi organisasi,” ujarnya.

Dikatakan, DKP berharap Pemda Provinsi Papua dan DPR Papua membuat Peraturan Daerah Khusus (Perdasus) untuk pengembang seni dan budaya di Papua. “Termasuk perlindungan kepada para pelaku seni Papua. Selain itu Perdasus itu juga kita harapkan mengatur dana rutin dari Pemda yang nantinya  akan dikelola oleh DKP,” katanya. (Jubi/Arjuna)
Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment