News
Loading...

Benny Giyai: Orang Papua Harus Membangun Kultur Baru

Dr. Benny Giyai. Foto: Hendrikus Yeimo
Jayapura, -- Ketua Sinode Kingmi Papua, Benny Giyai menghimbau orang Papua harus mulai membangun kultur baru dalam menyikapi berbagai persoalan di tanah Papua. 
 
Kata dia, kultur baru adalah membiasakan membaca, menulis, memahami isi buku atau tulisan, berdialog, dan menulis lagi.  

"Orang tidak bisa menulis itu persoalan. Tapi, ketika kita banyak menulis, tapi orang membaca kah, kalau membaca, orang mengerti kah, kalau orang mengerti orang berdialogkah. Nah, setelah itu ia bisa bikin pikiran sendirikah,"kata Benny kepada majalahselangkah.com, usai Jumpa Pers  Forum Kerja Pimpinan Gereja Papua (FKPGP) di  toko buku Yoman Ninom Jalan Tabi Tobati Kota Raja, Jayapura, Papua Rabu, (06/03). 

Kata dia, kultur kita selama ini secara lisan. Agak berat untuk menulis. Juga, mengungkapkan pikiran melalui tulisan itu butuh kesabaran dan terus menerus.
"Ini saatnya kita membangun kultur baru. Kita terus menerus menulis, membaca, mengerti isinya, kemudian berdialog dan kembangkan pikiran sendiri dalam tulisan lagi. Inilah kultur baru,"kata Benny. 

Menurut Benny, ketika sebuah bangsa ada dalam penjajahan, penjajah tidak akan berikan pendidikan yang baik. Maka, kata dia, kesadaran akan ketertindasan ini akan muncul melalui kultur baru.  

"Kita punya perjuangan ini, bagaimana meletakkan pikiran kita kepada pikiran orang lain. Menulis itu satu dunia lagi. Kita harus terus menerus belajar. Orang Papua cepat menyerah. Kita orang Papua tidak punya semagat juang. Intitusi gereja belum ciptakan generasi yang berwatat. Saya sebut saya punya gereja ya, panas-panas tai ayam, "jelasnya.  

Benny tegaskan, kita melihat realita dunia modern bahwa yang berkuasa adalah pena. 

"Menulis terus menerus menulis. Menulis baik itu keterampikan dan seni. Saya percaya dunia ini diukur oleh buku. Buku bisa berubah. Kalau pakai batu, kayu, peluru yang kamu beli tidak bisa. Itu hanya kita suruh tentara tambah pasukan di mulia dan di mana-mana,"kata Doktor penulis buku itu. (MS)
Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment