News
Loading...

Bahasa-Bahasa Papua dan Bahasa Indonesia Dong Bakalai di Tanah Papua

Generasi muda Papua - Jubi/Victor Mambor
Generasi muda Papua – Jubi/Victor Mambor

Oleh : Izak Morin
Setiap kelompok etnis di Tanah Papua pu bahasa sendiri-sendiri. Waktu dong mo bicara Bahasa Indonesia pasti dong pu bahasa de bakalai deng Bahasa Indonesia terutama ejaan, intonasi, pengucapan dan pemilihan kata yang tepat. Bahasa Papua pasti kase kumur Bahasa Indonesia. Tapi, sayang karena wasit selalu kase menang Bahasa Indonesia. Wasit komin lagi. Tra adil skali ya.

Karena jumlah bahasa di Papua mencapai 253 maka beberapa contoh di bawah ini kitong pake saja untuk kase tunjuk bagemana Bahasa Papua dan Bahasa Indonesia dong dua baku skot.

Orang Biak dong tra bisa ucapkan bunyi sengau [-ng] yang muncul pada ujung sebuah kata seperti ‘sombong’ dan ‘kosong’. Beberapa tahun yang lalu kalo kitong nae taksi di Biak, yaitu dari Pasar Inpres ke Samofa dan Angkasa kondektur nan tanya kalo su mo dekat Lampu Merah. De tanya begini: Lampu Merah! Kalo trada yang bicara, kondektur bilang: Koson! De tanya lagi: Mandiri! Koson! Tapi, sekarang kalo nae taksi di Biak kata ‘koson’ su trada. Jadi, kalo kondektur tanya: Lampu Merah! Trada yang bicara, kondektur nanti bilang: Bebas! Hal ini terjadi karena beberapa tahun lalu kondektur dapa tegur trus dari penumpang begini: Bukan koson tapi k o s o n g!

Editor : Victor Mambor
 
http://tabloidjubi.com/home/2015/11/25/bahasa-bahasa-papua-dan-bahasa-indonesia-dong-bakalai-di-tanah-papua/
Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment