News
Loading...

SEPOTONG TALI MANILA, JADIKAN SEBUAH NOKEN, SEPERTI LAMBING-KU

Noken Bendera Bintang Kejora West Papua, Karya mama-mama Papua (WK/SCK)
OLEH : MESAK DYYOBO-TOYAY KEDEPA

Ketika di logikakan  oleh se-orang  wanita dari  papua,untuk  mengembangkan bidang seni dan kerajinan tangan . Namun hanya dia  maklumi bahwa  bendera bintang kejora ini,bentuknya , warnanya sangat  hironis,namun wanita dari papua dia ingin di tiruan bahwa gambaran bintang kejora dan di logikan dengan sebuh noken indanya seperti bintang kejora yang  begitu mulia ini,
Tujuan-nya bukan karena peka yang lain  tetapi rasa kegembiraan demi waktu,demi hari  berfikir bahwa  inilah bintang kejora,supaya rasa intraksi itu satu sama lain bisa menyesuaikan diri dengan  se lambang itu.mengapa selalu merebut dengan bintang kejora yang se manis ini,karena gambarang ini di kawal dengan  3 atau karena dari bintang  ataupun juga yang lain. 
 
Namun  bintang kejora  yang jatuh dari di  bagian ufuk timur,bukan karena sesuatu itu di curi, bukan baku rampas  oleh negara yang tidak tahu diri tetapi  itu tuhan yang di berikan kepada seluru rakyat  papua selagi  menikmati dengan  mandi,dengan  dara dari dara,air mata dari air mata.konflik terjadi se macam ini alasan tidak mengenagkan pada orang yang punya  barang atau kekayaan.
 
Bukan miliki dua  pihak tetapi hanya satu pihak  yang menikmati  karena pihak yang  eksternal  itu pasti punya  sendiri . sama seperti  barang yang muncul dari ufuk timur  namun  bedanya dari warna ,bentuk ,gambarannya dall.
 
Jika wanita papua mengembangkan  hasil  karya tangan  dari tali manila,meman indanya sangat hironis,maka kapan pula nama yang tercek dengan  dalam lubuk hati ini tiada orang yang   di curi kapanpun bagaimanapun di manapun tidak ada itu hanyalah mimpi saja.kata orang segala sesuatu jangan lebih dari satu yang anda di bakatkan itu untukmu bila perlu  nasib-mu terdapat sapu-sapu di pinggir jalan.itulah harus bakatkan dengan sepenu hati  jangankan anda ingin mau di curi orang punya barang,setiap orang harus berfikr bahwa ,yang pertama yang anda dapatkan itulah untuk  yang baik buruk  yan g terjadi  dari belakan itu untuk  milik orang lain.
 
Misalnya untuk Indonesia mengapa selalu merebut  dengan bedera bintang kejora ,suda tahu bahwa bendera merah putih  sudah di miliki pada tahun 1995,namun mala di minta lagi,ini orang selalu bingun dengan watak semacam ini berarti memann negara yang tidak tahu diri Indonesia ini  tahu bahwa bakat-nya  di curi dan di rampas dengan orang lain punya barang.
 
Ku ,merenung dengan  suara nyaring untuk  seluru rakyat papua…………………….? Jangan pernah bosan se suatu apapun yang kami akan  hadapi, bila perlu ribuan tahunpun ,pasti hari esok ada harapan untuk papua.
 
Mengapa suda tahu wanita papua lambing kita adalah bendera papua karena tahu dari itu bisa m engembangkan noken dari tali manila bisa beruba menjadi  bintang kejora .berati papua itu pasti……?

Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar