News
Loading...

Aliansi Mahasiswa Papua Tolak Pemekaran 33 Daerah Otonomi Baru

AMP Tolak Pemekaran 33 Otonomi Baru di Papua
Yogyakarta – Sejumlah mahasiswa asal Papua yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) Yogyakarta menggelar aksi unjuk rasa dengan melakukan longmarch dari Asrama Kamasan Yogyakarta menuju titik nol kilometer Yogyakarta, Senin (04/11). 

Dalam aksinya, mereka menolak penetapan pemekaran 33 Daerah Otonomi Baru (DOB) di Tanah Papua.
 
Penolakan penetapan pemekaran 33 DOB di tanah Papua yang disepakati dalam rapat sidang paripurna DPR RI pada Kamis (24/10) lalu, dinilai sarat dengan kepentingan politik Jakarta terhadap tanah Papua. Pemekaran terdiri dari 19 kabupaten, dua kota di Provinsi Papua; dan delapan kabupaten, satu kota di Provinsi Papua Barat serta tiga propinsi baru.

“Aksi ini untuk menolak pemekaran wilayah baru yang semata-mata hanya kepentingan politik NKRI terhadap tanah Papua karena tidak ada evaluasi terhadap penyelenggaraan pembangunan di tanah Papua,” ujar Mapen, koordinator aksi dalam wawancaranya.

“Sebenarnya yang terbaik bagi rakyat Papua yaitu dengan memberikan kebebasan dan hak menentukan nasib sendiri sebagai solusi demokratis,” tegasnya.

Mapen juga menambahkan, pemekaran ini akan diikuti oleh pemekaran struktur teritori militer (TNI-Polri) baru dan membuka peluang bagi militer untuk menjalankan bisnis gelap seperti mem-back-up illegal logging, prostitusi dan pemasok miras.

Dalam aksi ini, AMP menyatakan sikap politiknya antara lain berikan kebebasan dan hak menentukan nasib sendiri sebagai solusi demokratis bagi rakyat Papua; menolak pemekaran daerah otonomi baru (DOB) di seluruh tanah Papua; menarik militer Indonesia (TNI-Polri) organik dan non-organik dari seluruh tanah Papua untuk menghentikan segala bentuk kejahatan terhadap kemanusiaan oleh negara Indonesia terhadap rakyat Papua. Aksi unjuk rasa berlangsung damai. (Yd)

Sumber :  www.menaranews.com

Baca Juga dibahwa ini : 




Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar